Curhatan Para Driver Krisis Ojol Menghantam Grab-Gojek

Warta Empat
By -
0

Foto: iStock Photo

 

WART4 Jakarta - Krisis ojol atau layanan transportasi online roda dua menjadi isu yang tengah dihadapi oleh perusahaan Grab dan Gojek.

Jumlah driver ojek online (ojol) diprediksi akan mengalami penurunan drastis dalam beberapa tahun ke depan. Hal ini disebabkan karena faktor pendapatan mereka yang mengalami penurunan.

Pendapatan tersebut turun lantaran adanya potongan yang cukup besar yang dilakukan oleh perusahaan aplikasi ride hailing seperti Gojek maupun Grab.

Ketua Umum Asosiasi Pengemudi Ojek Daring Garda Indonesia Igun Wicaksono menilai pemotongan pendapatan yang cukup besar tersebut membuat masyarakat tidak antusias lagi menjadi pengemudi. Kondisi tersebut jauh berbeda dibandingkan 2016 silam, dimana masyarakat berbondong-bondong beralih profesi menjadi driver ojol.

Adapun, saat pertama kali muncul pada 2010-2015, penghasilan para pengemudi ojol bisa mencapai Rp 10 juta. Kemudian pada 2016, aplikasi mulai melakukan perekrutan besar-besaran untuk posisi driver.

Namun pada 2016-2018, pendapatan para driver mulai menurun hingga 50% dari sebelumnya. Hal ini diperparah dengan keadaan pandemi yang makin memotong pemasukan pengemudi.

"Memang yang membuat ini terus menurun karena banyak potongan perusahaan aplikasi terhadap pengemudi ojek online. Hal ini sebagai gambaran perusahaan tidak memperhatikan, tidak merawat pengemudinya, namun hanya profit oriented saja," kata Igun kepada CNBC Indonesia, dikutip Minggu (16/4/2023).

Dia menjelaskan yang berlaku saat ini adalah potongan lebih dari 20%, sementara pihaknya telah meminta untuk maksimal melakukan potongan sebanyak 10%.

Menurutnya, jika tidak ada penurunan potongan, bakal ada krisis pengemudi ojol di masa depan. Bahkan dia mengatakan fenomena ini akan terjadi dalam lima tahun ke depan di kota-kota besar.

"Selagi tidak terlaksana, kami yakin jumlah pengemudi akan terus menurun. Bisa dilihat ke depannya pada kota-kota besar jumlah ojek online semakin menurun untuk lima tahun ke depan," jelasnya.

Di Luar Ekspektasi

Pada akhir tahun lalu, tarif ojol sendiri telah resmi dinaikkan. Hal ini berdasar pada Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KP 564 Tahun 2022 ditetapkan 4 Agustus 2022.

Kendati begitu, mitra driver tak merasakan 'cipratan' penambahan pendapatan dari kenaikan tarif itu. Bahkan, pemotongan upah masih terjadi.

Ketua Umum Asosiasi Driver Online (ADO) Taha Syafaril mengatakan pengguna ojol kerap berekspektasi layanan ojol meningkat berkat kenaikan tarif. Namun, itu tak bisa terjadi karena para driver empot-empotan kejar target dan tak dapat upah lebih.

"Tapi mitra tidak bisa melakukan perbaikan layanan karena menerima pendapatan dari tarif yang makin kecil. Sangat banyak saingan dan harus menambah jam kerja," kata dia saat dihubungi CNBC Indonesia.

"Yang merusak sistem transportasi online adalah aplikasi sendiri. Dengan terus menambah biaya potongan tanpa peduli kesulitan mitra driver," ia menambahkan.

Jika nantinya krisis driver benar-benar terjadi, Taha mengatakan ini merupakan kesalahan para penyedia platform. Pasalnya, mereka cuma peduli persaingan bisnis tanpa memperhatikan nasib driver.

"Menurut saya, aplikasi sendiri biang keladinya. Sejak meledaknya kuota mitra driver, aplikasi jumawa dengan bisnisnya. Arogan sekali! Nggak heran kalau mitra driver banyak yang sudah nggak sanggup menjalankan profesinya," pungkasnya.

Sementara itu, penelitian Mahasiswa Doktoral London School Economics (LSE), Muhammad Yorga Permana mengungkapkan para ojol berminat untuk beralih profesi menjadi pegawai tetap. Salah satu alasannya karena pendapatan mereka terus mengalami penurunan.

Penelitian mencatat penurunan pendapatan terjadi pada 2019. Bonus harian yang ditawarkan aplikasi juga tak lagi menarik sekarang.


( Red/S : CNBC Indonesia )



Tags:

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)